Baca Karakter Melalui Warna Kesukaan

Baca Offline:

Setiap orang pasti memiliki warna kesukaan dengan alasan yang berbeda.Ternyata, sebuah warna pilihan bisa sedikit banyak mencerminkan karakter. Metode pengenalan kepribadian melalui analisis warna sebetulnya adalah sebuah metode lama. Warna selain dapat digunakan untuk mengetahui kepribadian seseorang, juga dapat digunakan untuk terapi psikologis. Seseorang yang menyukai warna-warna tertentu diyakini memiliki kecenderungan karakter tertentu. Hal ini terjadi karena karakter seseorang dapat mempengaruhi seseorang bagaimana memandang warna-warna tersebut.

1. Merah

Merah adalah warna yang melambangkan kekuatan, kesehatan, dan vitalitas. Warna ini biasanya disukai oleh mereka yang berkepribadian terbuka, agresif, impulsif, dan penuh semangat. Penyuka warna merah umumnya dikenal punya kepribadian yang berani, lincah, dan penuh energi.  Kelebihan dari para penyuka warna merah adalah optimisme, disiplin, serta ulet dalam melakukan berbagai hal yang menjadi target hidupnya. Penyuka merah memiliki daya tarik tersendiri, sehingga bisa membuat orang lain terpesona tanpa bersikap yang berlebihan. Percaya diri dan ekstrovert adalah dua hal yang sangat melekat bagi penyuka warna merah.

2. Merah Hati/Merah Marun

Warna merah gelap ini merupakan perlambang dari kesuksesan dalam menghadapi cobaan hidup. Merah hati adalah warna kesukaan orang-orang yang dewasa karena tempaan hidup. Pengalaman hidup yang berat di masa lalu telah merubah orang-orang penyuka warna merah marun menjadi pribadi-pribadi yang menyenangkan dan murah hati. Orang-orang yang menjadikan merah marun sebagai warna kesukaannya memiliki disiplin tinggi seperti halnya orang-orang penyuka warna merah.

3. Merah Muda

Warna ini mewakili aspek kelembutan dalam ciri-ciri kepribadian yang ditunjukkan oleh warna merah. merah muda melambangkan cinta dan kasih sayang tulus. Orang yang menyukai warna ini biasanya memiliki sikap keibuan. Karena itulah sebagian besar penyuka warna merah muda adalah perempuan. Orang-orang dengan kepribadian tipe merah muda selalu merasa butuh perlindungan, perlakuan khusus, dan hidup yang tenang. Mereka sangat membutuhkan cinta, ingin merasa dicintai dan dilindungi. Mereka biasanya memiliki sikap yang charming, lembut, polos dan cendereung sensitif.

4. Oranye

Oranye adalah warna yang melambangkan kemewahan dan kesenangan. Orang-orang yang menyukai warna oranye biasanya berkepribadian menyenangkan dan menonjol. Mereka sangat menyukai interaksi sosial. Orang-orang dengan pribadi oranye berjiwa muda, tidak kenal takut, penuh rasa penasaran, dan tidak mudah lelah. Mereka suka dan bisa menarik perhatian orang lain, karena itu berbakat menjadi populer. Penyuka oranye adalah orang yang tidak mau memikirkan hal yang terlalu serius dan berat sehingga mereka menjalani segala hal dengan santai. Keburukan dari sikap penyuka warna oranye (dan kebanyakan orang populer) adalah mereka tergolong plin-plan, mudah mengubah pendirian agar dapat diterima oleh lingkungan sekitarnya.

5. Kuning

Kuning adalah warna keceriaan, kebijaksanaan, dan imajinasi. Warna kuning biasanya dipilih oleh orang-orang yang haus petualangan, menyukai hal-hal baru dan aktualisasi diri. Kuning juga mewakili intelektualitas dan segala hal yang berhubungan dengan pikiran. Karena itulah orang-orang yang menyukai warna kuning biasanya cerdik, berbakat dalam bisnis, dan memiliki selera humor yang baik. Mereka yang suka dengan warna ini mudah sekali untuk diremehkan alasannya karena terlalu idealis.Mereka memiliki pikiran yang jernih, bisa menilai kemampuan sendiri secara tepat. Mereka sangat menyukai kebebasan, baik dalam mengambil tindakan maupun berpikir. Ini merupakan hal yang bagus karena menandakan kalau mereka suka menjadi orang yang independen. Tetapi di sisi lain mengakibatkan orang-orang penyuka kuning jadi suka melalaikan tanggung jawab dan sulit bekerja dengan orang lain.

6. Hijau

Hijau adalah warna yang melambangkan harmoni dan keseimbangan. Penyuka hijau bertipesangat romantik, menyukai keindahan, menyenangi alam dengan udara yang sejuk.Hijau mewakili harapan dan perdamaian. Warna ini biasanya disukai oleh mereka yang berkepribadian lembut dan jujur. Orang-orang penyuka hijau biasanya terus terang dalam berkata-kata, suka berada dalam komunitas dan mampu bersosialisasi dengan baik. Mereka sangat menyukai kedamaian hidup dan karenanya akan melakukan berbagai hal untuk mencapai hal itu.
Tetapi karena sikap cinta damai itu pula, biasanya orang-orang penyuka warna hijau lebih memilih untuk tidak menonjolkan diri saat berinteraksi dalam komunitas. Mereka bisa bersikap sederhana dan sabar, dan karena itu kadang suka dimanfaatkan oleh orang lain.

7. Biru

Warna biru memberikan kesan lembut, menenangkan dan perhatian. Warna ini melambangkan kehati-hatian, konservatisme, dan introspeksi. Orang-orang penyuka biru biasanya sabar, sensitif, punya pengendalian diri yang bagus, dan mudah menyadari kesalahannya.
Mereka senang jika dikagumi orang lain karena kebijaksanaan dan kestabilan karakter mereka. Mereka loyal jika sudah meyakini sesuatu. Tetapi orang-orang yang menyukai warna biru seringkali menunjukkan sikap yang terlalu hati-hati. Karena itu mereka lebih menyukai sesuatu yang bersifat konservatif. Orang disekitar akan merasakan kalau bisa diandalkan. Ini karena mereka suka keharmonisan. Dalam lingkungan sosial mereka juga mudah bergaul dengan mengetahui etika pergaulan dengan baik. Mereka juga termasuk pecinta kebersihan.

8.  Biru Kehijauan

Penyuka warna biru kehijauan biasanya memiliki pribadi yang rumit. Mereka memiliki imajinasi tinggi dan pemikiran yang orisinil. Karena itu biasanya mereka bisa diandalkan untuk menghasilkan ide yang cemerlang dan kreatif. Tetapi orang-orang yang menyukai warna ini biasanya juga terlalu menahan diri. Ada beban berat yang mereka sembunyikan di balik sosok mereka yang tampak tenang.

9. Ungu Muda

Penyuka warna ini biasanya orang-orang yang hidup dalam ‘dunia mimpi’. Mereka terlalu fokus dengan diri sendiri hingga tidak menyadari hal-hal yang terjadi di sekitar mereka dan mereka cenderung tidak suka bekerja keras. Mereka suka hal-hal mewah seperti pergaulan dengan lingkungan kelas atas. Menyukai baju-baju bagus dan selalu berusaha tampil modis. Mereka memiliki jiwa kreatif, sifat yang sopan, menyenangkan, dan jenaka.

10. Ungu

Orang-orang yang menyukai warna ungu biasanya individualistik, jenaka, sensitif, dan selalu ingin tampil beda. Selalu optimis, dalam menghadapi masa depan kamu tidak pernah ragu-ragu, apa yang dikerjakan adalah yang terbaik, pandai benar dalam mengikuti perkembangan jaman. Pribadi mereka yang menyukai hal-hal unik dan berbeda menjadikan mereka dipenuhi ide kreatif dan tidak menyukai hal-hal yang bersifat konvensional, cocok menjadi pimpinan. Sebenarnya para penyuka ungu termasuk pribadi yang toleran, tetapi mereka juga cenderung rewel, temperamental, dan berharga diri tinggi. Mereka suka menarik diri dan bersikap kasar jika ada orang yang salah paham terhadap mereka.

11. Cokelat

Cokelat adalah warna bumi, perapian, rumah, luar ruangan, kehandalan, kenyamanan, daya tahan, stabilitas, kesederhanaan, kenyamanan, pohon, alam dan musim gugur. Para penyuka warna cokelat memiliki stamina yang baik. Mereka sabar, berpendirian kuat, serta mudah introspeksi. Karena itu para penyuka cokelat bisa diandalkan. Tetapi karena pendirian kuat mereka dipadu dengan sikap konservatif, hal itu menjadikan mereka keras kepala, tidak fleksibel, dan tidak suka melakukan tindakan impulsif. Mereka tidak terlalu pandai berbicara dan kurang bijaksana, tetapi sangat suka jika diberikan tanggung jawab dan akan berusaha untuk menjalankan tanggung jawab itu dengan sebaik-baiknya.

12. Abu Abu

Abu-abu adalah lambang dari kehati-hatian dan kompromi. Mereka adalah orang-orang yang rajin, berbakat dalam bisnis, dan mau bekerja keras tanpa imbalan. Tetapi hal ini juga menjadikan mereka cenderung kerja berlebihan. Mereka membutuhkan kedamaian dan ketenangan dalam hidup mereka. Para penyuka abu-abu yang sudah dewasa agak kesulitan dan kesenangan dalam hidup mereka berjalan seimbang. Sementara yang masih muda cenderung menarik diri dari kehidupan sehari-hari dan berusaha menyembunyikan kepribadian mereka. Ini karena perpaduan dari warna hitam dan putih. Dari sudut pandang psikologi warna, abu abu ini punya sifat yang datar, membosankan, dan nggak pasti.

13. Hitam

Warna hitam menunjukkan pribadi yang bermartabat, dihargai orang lain tetapi tidak pula menonjolkan diri. Orang-orang yang menyukai warna ini biasanya memang sukamenciptakan kesan misterius bagi orang lain di sekeliling mereka.Mereka cenderung  moody dan suka dengan hal-hal yang baru. Pola pikir mereka sulit diterka, sebab tidak terlihat dari penampilan luar mereka. Mereka juga suka menahan diri dari hasrat dan keinginan duniawi.

14. Putih

Putih adalah warna yang menjadi simbol kemurnian, kesucian, dan kepolosan. Warna ini identik dengan kemudaan dan kemurnian. Penyuka warna putih bukanlah orang yang berantakan. Mereka suka menata rapi barang-barangnya, maka itu menandakan sikap perfeksionis. Mereka cenderung menetapkan standar yang terlalu tinggi terhadap segala sesuatu, mereka punya cara pikir yang logis. Tetapi orang -orang yang menyukai warna putih biasanya juga menyukai segala sesuatu yang sederhana. Gaya hidup yang mereka terapkan pun cenderung sederhana.

Baca Offline: