Jumat Sehat dan Pembiasaan Pagi, Solusi Penanaman Sikap pada anak SD

Baca Offline:

UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3 menegaskan bahwa fungsi pendidikan Indonesia adalah “mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang berdemokratis serta bertanggung jawab”.

Dalam rangka pembentukan SDM handal, maka SDN Sine 1 merancang berbagai kegiatan dan pembiasaan yang dapat membantu terwujudnya SDM yang handal

Jumat Sehat adalah agenda rutin yang dilaksanakan di SDN Sine 1 pada hari jumat minggu ke 1 dan 3. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kekuatan jasmani siswa serta sebagai sarana refreshing bagi otak yang lelah belajar.



Kegiatan lain yang selalu dilakukan adalah Pembiasaan pagi. Pembiasaan ini meliputi kegiatan menanyikan lagu nasional dan membacakan teks pancasila, sumpah pemuda dan proklamasi serta diakhiri dengan kegiatan bersalaman dengan semua guru. Sikap yang dapat tertanam dengan kegiatan ini adalah nasionalis, disiplin, tanggung jawab serta rasa sopan santun kepada Bapak/ Ibu Guru.

” We Are SDANSA SQUARD”

Baca Offline: