Gudep SDN Sine 1, Menuju Generasi Berkarakter Mulia

Baca Offline:
Gudep SDN Sine 1

Salam Pramuka
Gerakan Pramuka merupakan organisasi kepanduan sebagai pendidikan non formal yang dilaksanakan di seluruh lembaga pendidikan formal di Indonesia, dimulai dari tingkat siaga di sekolah dasar, tingkat penggalang di SLTP, hingga tingkat penegak di SLTA. Kegiatan kepramukaan dilaksanakah sebagai salah satu kegiatan ekstra kurikuler yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik. Pelaksanaannya dilakukan di alam terbuka dengan mengusung berbagai kegiatan yang menarik, sehat, dan terencana sesuai dengan metode dan aturan dalam gerakan kepramukaan.

Gugus Depan 11.001-11.002 yang berpangkalan di SDN Sine 1 sebagai salah satu wadah pengembangan karakter peserta didik juga selalu melaksanakan program-program kepramukaan secara berkelanjutan. Membentuk generasi muda dan anggota pramuka yang berkarakter mulia adalah tujuan yang ingin dicapai dalam melaksanakan kegiatan kepramukaan.

Program kegiatan kepramukaan di Gudep SDN Sine 1 disusun dan direncanakan secara teratur. Pelaksanaan latihan pramuka dijadwalkan dua minggu sekali. Dibimbing oleh para pembina gugus depan yang penuh semangat dan kreatif membimbing para anggota, dengan berlandaskan pada filosofi ikhlas bakti bina bangsa, berbudi bawa laksana mewujudkan generasi muda yang berkarakter mulia.

Banyak manfaat yang dapat kita ambil dari mengikuti kegiatan pramuka. Kegiatan pramuka melatih kita untuk mandiri, mampu bekerja sama dengan teman, melatih rasa kepedulian terhadap sesama, kekompakan, kedisiplinan, dan lain-lain yang kita pelajari secara tidak langsung dari berbagai permainan dan kegiatan dalam kepramukaan.

Salah satu wadah untuk mewujudkan Program Pendidikan Karakter yang dicanangkan oleh pemerintah pada pelaksanaan Kurikulum 2013 adalah melalui Gerakan Pramuka. Mari kita laksanakan dengan segenap kemampuan untuk mencapainya. Memulai dari hal yang kecil, memulai dari kita sendiri, dan mulai saat ini. Tularkanlah energi positif kita kepada setiap insan di sekitar kita, hingga kita dapat mencapai puncak kejayaan Indonesia Emas di Tahun 2045.

Salam Pramuka.

Baca Offline: