Akar Sdansa

Baca Offline:

SDN Sine 1 berkomitmen untuk menjadi sekolah yang mampu menjalankan fungsi fasilitator bagi peserta didiknya. Salah satu implementasinya adalah melalui penyelenggaraan panggung-panggung pentas seni budaya. Semua berharap, kelak siswa-siswi SDN Sine 1 dapat bertumbuh kembang menjadi pribadi dan insan yang mulia. Anak-anak bangsa yang mencintai dan melestarikan budaya leluhurnya. Dikemas dalam Akar Sdanssa (Ajang Kreasi Anak SDN Sine 1), siswa-siswi SDN Sine 1 di dorong mengembangkan dan mengekspresikan diri melalui pementasan budaya lokal.

Sudah menjadi kelaziman bagi setiap kalangan pendidikan, bahwa terdapat pemahaman mendasar tentang aspek-aspek kompetensi yang harus ditingkatkan dalam proses pembelajaran. Beberapa aspek tersebut antara lain spiritual, sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas harus sejalan dan dapat ditampilkan di luar kelas.

Ketidakseimbangan dalam memberikan porsi pada semua aspek dalam proses pembelajaran seperti sudah menjadi permasalahan lumrah dalam dunia pendidikan. Agaknya belum didapatkan formula yang tepat untuk menggali kemudian menyajikan kembali menu sehat yang seimbang untuk pertumbuhan dan perkembangan bagi dunia pendidikan kita. Keragaman kompetensi dasar yang harus dicapai, faktor pendukung dan penghambat, dan tujuan pendidikan nasional yang luas menjadi tantangan yang harus dijawab oleh setiap pelaku pendidikan.

Kali ini, saksikan mereka berkreasi:

Ajang Kreasi Anak SDN Sine 1 terselenggara  dilatar belakangi dengan adanya pembelajaran  pada kelas 5 dan 6  yang membahas tentang berbagai budaya yang ada di Indonesia. Siswa dituntut untuk mengetahui seni budaya yang ada di Indonesia kemudian siswa dimohon memilih salah satu seni budaya itu. Siswa harus memahami seni budaya  tersebut dan menganalisanya. Setelah mampu mengidentifikasi berbagai jenis seni tari, mereka harus memahami bagaimana tarian itu ditarikan dan properti apa saja yang dipakai dalam tarian tersebut. Ternyata antusias siswa begitu besar. Melalui bimbingan Bapak/Ibu guru, anak diajak untuk memanfaatkan teknologi dengan menggunakan smartphone Android. Melalui penggunaan alat ini diharapkan anak dapat memanfatkan kecanggihan gawai tersebut sebagai sumber belajar (literasi digital). Bukan sekedar untuk hal yang kurang bermanfaat. Hasil dari  analisis tari kemudian dilaporkan dan dipublikasikan melalui website sekolah. Hasilnya sungguh hebat. Luar biasa! Ternyata anak-anak siswa SDN Sine 1 mampu berinovasi menghasilkan karya yang sarat dengan nilai-nilai kreatifitas.

Berdasar hal itulah untuk memupuk rasa percaya diri anak maka diadakanlan suatu kegiatan yang dinamakan “AKAR SDANSA”  atau Ajang Kreasi SDN Sine I.  Ajang Kreasi ini tidak hanya diikuti oleh Kelas 5 dan 6 saja, tetapi dilengkapi pula oleh karya kelas 1,2,3 dan 4 bahkan TK Harapanpun turut serta.

Inilah Pembelajaran berkarakter yang sesungguhnya. Anak diberi pembelajaran tidak melulu di dalam kelas dan menghafal saja, tetapi juga dilatih untuk mandiri,tanggung  jawab, kreatif, inovatif, jujur, berkarakter nasionalis, dan bangga terhadap budaya sendiri serta tumbuh jiwa percaya pada kemampuan diri sendiri. Semoga kegiatan seperti ini dapat berlanjut dan tidak berhenti sampai di sini.

Ucapan terimakasih tak terhingga disampaikan pada Bapak/Ibu guru, siswa-siswi dan orangtua/wali siswa SDN Sine 1  yang telah membantu terselenggarakannya kegiatan ini.

SEMOGA SDN SINE I SEMAKIN JAYA.

Baca Offline: